Selasa, 18 Oktober 2011

PERSAINGAN BLACKBERRY DAN ANDROID


PERSAINGAN  BLACKBERRY  DAN  ANDROID
Banyak sekali yang bertanya, bagus mana BB atau Android? Keduanya akan bermanfa’at sesuai dengan kebutuhan. Pengguna BB mungkin adalah mereka yang suka dengan jejaring sosial. Sedangkan Android lebih menyediakan aplikasi gratis melebihi BB dan untuk games, ia unggul. Android sendiri berbasiskan Linux dan merupakan aplikasi Open Source. BB digunakan lebih untuk fashion atau gengsi. Karena dalam aplikasi BB ada BBM (Blackberry Messenger).
KETERANGAN TENTANG BLACKBERRY
Keunggulan Blackberry :
  • Daya tahan baterei
Baterei BB mempunyai dayatahan secara umum yang relatif lebih panjang secara konsisten dibandingkan dengan ‘smart-HH’ yang lain.
  • Kuat, kebal
BB juga secara konsisten lebih tahan banting daripada HH yang lainnya.
  • Menyimpan Data dengan Baik
Coba keluarkan batere BB-nya selama seminggu dan pasang kembali, semua data tante/om akan masih tetap ada. Semua dituliskan dan disimpan ke flash ROM setiap saat, bahkan ‘draft’ dari email anda.
  • ‘Software’ e-mail
Email di BB jauh sangat unggul dibandingkan dengan ‘software’2 email lainnya yang juga di’push’ secara nirkabel.
  • Selalu ‘ON’ tidak perlu ‘konek dulu’
BB sangat mirip dengan koneksi nirkabel/DSL. Selalu ada dan siap, tidak perlu di’sambung’ (konek) dahulu. Mungkin tidak secepat koneksi darat/DSL, tetapi selalu ‘nyambung’. Banyak HH dengan sistem OS lainnya memerlukan langkah koneksi manual dahulu.
  • Bebas Konfigurasi
Bebas kekhawatiran untuk harus melakukan konfigurasi email ketika melakukan ‘reset’ seperti ada di beberapa smart-HH lainnya. Tidak perlu khawatir apakah email kita berjalan atau tidak karena adanya ‘crash’. Software RIM memastikan
bahwa email akan berjalan setiap waktu dengan tidak memungkinkan secara tidak sengaja kita exit/’keluar’ dari software email tersebut.
  • Tidak perlu tombol POWER/ON
Berbeda dengan smart-HH lainnya, BB menggunakan tenaga relatif lebih kecil, sehingga bisa di’geletak’-kan begitu saja. BB bisa di’off’kan secara elektronis melalui menu, seperti pada saat kita berada didalam pesawat terbang. Tetapi selebihnya, dapat kita biarkan begitu saja, baik pada saat menenerima email maupun kita tidak mau menerima email
Kelemahan Blackberry :
  • Tampilan web versi mobile seperti di tahun 90-an. Juga lambatnya browser yang digunakan.
  • Touchscreen, Storm keluaran BB yang menggunakan touchscreen menjadi lebih lambat dibandingkan dengan keyboard fisik. Hingga akhirnya mengeluarkan Storm 2 dengan touchscreen yang baru.
  • App. Store, BB store hanya menyediakan 2.322 aplikasi. Jauh jika dibandingkan dengan smartphone lain. BB sendiri lebih digunakan oleh pebisnis.
  • Wi-Fi, untuk beberapa tipe BB sendiri aplikasi Wi-Fi tidak ada. Namun RIM mengeluarkan Essex yang disertai dengan adanya Wi-Fi.
  • Software Desktop, dapat berjalan dengan baik saat digunakan di PC untuk mentrasfer data, mendengarkan musik, dsb. Karena adanya proses yang bermasalah dengan setup file tersebut, maka RIM memerlukan perbaikan untuk BB seperti iTunes di iPhone.

KETERANGAN TENTANG ANDROID
 Keunggulan Android :
  • Multi-Tasking
Android mampu menjalankan beberapa aplikasi sekaligus yang tidak terbatas, baik aplikasi-aplikasi yang berasal dari bawaan sistem atau tambahan dari Android Market. Mendengar musik sambil browsing dan menerima notifikasi dapat dilakukan dengan mudah.
  • Home Screen Informatif
Konsep home screen pada Android seperti Windows Mobile di mana segala notifikasi dapat dipantau dari home screen. Namun, Android juga menyediakan tempat bagi widget-widget notifikasi lain untuk berada di home screen. Cara ini memudahkan akses info cepat ketimbang home screen di BB.
  • Pilihan Peranti Banyak
Vendor pendukung sistem operasi ini memang banyak. Jadi pilihan perangkat yang bisa kamu pilih beragam dan harganya pun bervariasi.
  • Bebas Memodifikasi Sistem
Android mengijinkan kamu untuk melakukan jailbreaking untuk memodifikasi sistem. Selain itu kamu juga bisa melakukan modifikasi pada ROM sistem. Ada beberapa komunitas di internet yang menjadi wadah dan menyediakan customed ROM untuk perangkat Android.  Sistem yang dapat dimodifikasi dan diinstal pada ponsel pintar bersistem Android, siapa yang tak ingin?
  • Setting yang Mudah
Sistem Android memang diluncurkan demi alasan kemudahan. Pengesetan ponsel berbasis OS ini untuk keperluan sehari-hari sesuai keinginan dan aktivitas pribadi bisa dengan mudah dilakukan. Pengesetan ini bisa dilakukan langsung dengan bantuan widget pada home screen. Kamu juga bisa membuat shortcut khusus untuk setting tertentu untuk dipasang di home screen.
Kelemahan Android :
  • Koneksi Internet yang terus menerus
Ponsel Android memerlukan koneksi internet yang simultan (terus menerus aktif). Koneksi internet GPRS selalu aktif setiap waktu, itu artinya harus siap berlangganan paket GPRS yang sesuai dengan kebutuhan.
  • Iklan
Aplikasi di ponsel Android memang bisa didapatkan dengan mudah dan gratis, namun konsekuensinya di setiap Aplikasi tersebut akan selalu ada iklan yang terpampang, entah itu bagian atas atau bawah aplikasi.


                                                                                                 17 – 10 – 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar