Kamis, 22 November 2012

Pre Test Keamanan Sistem Informasi


  Informasi merupakan aset yang harus dilindungi keamanannya. Keamanan secara umum diartikan sebagai quality or state of being secure-to be free from danger . Untuk menjadi aman adalah dengan cara dilindungi dari musuh dan bahaya. Keamanan bisa dicapai dengan beberapa strategi yang biasa dilakukan secara simultan atau digunakan dalam kombinasi satu dengan yang lainnya.

     Keamanan komputer memiliki definisi yang beragam, sebagai contoh definisi keamanan komputer menurut  (Gollmann, 1999) : 'Computer security deals with the prevention and detection of unauthorized actions by users of a computer system'
 
      Yang harus dilindungi dalam sebuah sistem  jaringan informasi global berbasis internet (cyberspace), yaitu:

1.Isi atau substansi data dan/atau informasi yang merupakan input dan output dari penyelenggara sistem informasi dan disampaikan kepada publik atau disebut juga dalam bahasa Inggrisnya adalah content.  Dalam hal ini, penyimpangan data dan/atau informasi tersebut akan disimpan dalam bentuk data base dan dikomunikasikan dalam bentuk data messages. 

2. Sistem pengolahan informasi yang merupakan jaringan sistem informasi (computer network) organisasional yang efisien, efektif dan legal, dalam hal suatu sistem informasi 
merupakan perwujudan penerapan perkembangan teknologi informasi ke dalam suatu bentuk organisasional/organisasi perusahaan. 

3. Sistem komunikasi (communication) merupakan perwujudan dari sistem keterhubungan  dan sistem pengoperasian global antar sistem informasi/jaringan komputer  maupun penyelenggaraan jasa dan/atau jaringan telekomunikasi.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar